BREAKING NEWS

Sabtu, 25 Oktober 2014

Putri Malu


Pernahkah kamu menyentuh tanaman putri malu dan membuat daun-daunnya menutup dengan seketika? Hal tersebut bisa terjadi karena tanaman putri malu memiliki zat yang bisa menutup saat tersentuh.

Sentuhan yang bisa membuat daun putri malu menguncup bukan hanya sentuhan tangan, tapi juga sentuhan udara, air, dan sinar matahari.

Tanaman putri malu ini memiliki nama latin mimosa pudica. Tanaman ini termasuk ke dalam tanaman suku polong-polongan dengan ranting yang memiliki pembengkakan sehingga bisa melakukan gerakan menutup dan membuka daun-daunnya saat tersentuh.

Gerakan buka-tutup daun ini dilakukan oleh tanaman putri malu untuk menghindari serangan binatang atau hal lain yang dianggap berbahaya. Biasanya, beberapa hewan pemangsa tanaman akan takut ketika mangsanya bergerak. Oleh karena itulah putri malu akan bergerak saat disentuh.

Tanaman putri malu juga memiliki keunikan tersendiri dari cara makannya, yaitu menghisap makanan dari tanah tempat ia berpijak dan menyalurkannya ke seluruh tubuh. Cairan yang diserap dari tanah tersebut akan berkumpul di satu titik, yaitu di ujung bantalan daun.

Waktu yang diperlukan untuk menutup daun-daun tanaman putri malu ini hanyalah beberapa detik. Namun, waktu yang diperlukan untuk membuka kembali daun-daun tersebut adalah 30 menit. Hal ini terjadi karena setelah menutup, tanaman putri malu harus memompa kembali cairan ke seluruh tubuhnya agar bisa mekar kembali.

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Mr.Zonk Share on Blogger Template Free Download.