BREAKING NEWS

Selasa, 04 November 2014

6 Fakta Unik Mie Instan


Mie instan adalah salah satu makanan kesukaan orang Indonesia, karena hadir dalam berbagai pilihan rasa serta mudah cara membuatnya. Meski demikian, tidak semua orang tahu mengenai 6 fakta unik seputar mie instan.

1. Awalnya Mie Instan Adalah Makanan Mewah
Sama seperti penemuan apapun, saat pertama kali dipasarkan maka barang tersebut akan menjadi barang mewah. Ini juga terjadi pada mie instan. Jepang adalah negara pertama yang memproduksi mie instan. Satu bungkus mie instan dijual cukup mahal di tahun 1958, padahal rasanya baru satu, yaitu rasa ayam. Harga mie instan waktu itu 6 kali harga mie rebus ayam buatan sendiri.

2. Jepang Menganggap Mie Instan Sebagai Penemuan Terbaik
Sebagai negara yang pertama kali mengeluarkan produk mie instan, Jepang menganggap hal ini sebagai kehormatan. Fuji Research Institute pada tahun 2000 mencatat bahwa warga Jepang sangat bangga telah memperkenalkan mie instan ke seluruh dunia. Mie instan sudah mewakili Jepang sebagai salah satu makanan global.


3. Beberapa Orang Lebih Suka Mie Instant Mentah
Mungkin kebiasaan ini Anda lakukan saat masih kecil dulu, yaitu meremukkan mie instan, memberinya bumbu lalu dimakan tanpa dimasak terlebih dahulu. Ternyata kebiasaan ini juga dilakukan oleh banyak orang, termasuk David Chang, pendiri kerajaan restoran Momofuku. Dia suka memberi bumbu bubuk di atas mie instan yang masih utuh lalu memakannya sebagai camilan

4. Permintaan Mie Instan Terbanyak Dimiliki oleh Tiongkok
Permintaan warga Tiongkok akan mie instan adalah yang tertinggi di dunia. Menurut  World Instant Noodles Association pada tahun 2013, warga Tiongkok mengonsumsi 46.220 juta paket mie instan. Karena itu, sangat mudah menemukan penjual mie instan di negara tersebut, dengan berbagai merek dan rasa.

5. Tersedia Museum Mie Instan di Jepang
Jika Anda jalan-jalan ke Osaka, mampirlah ke CupNoodles Museum. Di sana Anda bisa melihat sejarah dan perkembangan mie instan di Jepang. Tak hanya itu, pengunjung bisa membuat sendiri mie instan sejak tahap awal pembuatan. Anda bisa meramu bumbu dengan 5.460 rasa yang bisa dikombinasikan. Mie ini bisa Anda bawa pulang sebagai kenang-kenangan atau langsung diberi air panas dan dimakan.


6. Mie Instan Bisa Dimakan di Luar Angkasa

Momofuku Ando ingin membuat ramen portabel yang mudah dimakan tak hanya di bumi, tetapi juga di luar angkasa. Penemuan ini berhasil dilakukan pada tahun 2005, dua tahun sebelum dia meninggal. Mie instant tersebut dikemas khusus dalam kemasan anti udara yang kecil. Bumbu kaldu juga dibuat khusus agar tidak tersebar di ruang hampa udara. (tom)

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Mr.Zonk Share on Blogger Template Free Download.